Koperasi di Indonesia dan Contoh Koperasi Sukses

 

Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas azas kekeluargaan. Saat ini, koperasi di Indonesia telah berkembang dengan pesat karena para anggota-anggotanya telah mengetahui manfaat dari pendirian koperasi tersebut. Manfaat tersebut dapat membantu perekonomian dan mengembangkan kreatifitas masing-masing anggota. Upaya dari pendirian koperasi ini sangat menguntungkan bagi masyarakat untuk lebih memahami koperasi. Di Indonesia, pengenalan koperasi memang dilakukan oleh dorongan pemerintah bahkan sejak pemerintahan penjajahan Belanda telah mulai diperkenalkan.

Koperasi merupakan suatu lembaga ekonomi yang sangat diperlukan dan penting untuk diperhatikan sebab koperasi merupakan suatu alat bagi masyarakat yang ingin meningkatkan taraf hidup dasar. Kegiatan koperasi adalah kerjasama yang dianggap sebagai suatu cara untuk memecahkan berbagi persoalan yang mereka hadapi. Oleh sebab itu sudah selayaknya koperasi menduduki tempat yang penting dalam suatu perekonomian suatu negara di samping sector-sektor perekonomian yang lainnya.  Bagi bangsa Indonesia koperasi sudah tidak asing lagi, karena kita sudah merasakan jasa koperasi untuk dari kesulitan hutang.

Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) merupakan koperasi di Indonesia yang mampu menembus koperasi kelas dunia menurut International Co-operative Alliance (ICA).  ICA merupakan organisasi bukan pemerintah yang memiliki serikat koperasi di seluruh dunia. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1895 tersebut memiliki 269 federasi koperasi di 94 negara di Afrika, Asia, Pasifik, dan Amerika yang sudah diakui dunia dengan eksistensinya sebagai Lembaga Koperasi Internasional. Hingga 2013 ICA memiliki anggota sebanyak satu miliar yang berada di seluruh dunia.

Dalam menggeluti bisnisnya, KWSG juga memiliki jaringan usaha dibidang penanaman modal dan memiliki saham pada PT Varia Usaha sebesar 26,35%, PT Swadaya Graha 4,46%, PT SGG Energi Prima 3%, dan PT SGG Prima Beton 0,001%. Meningkatnya kinerja perseroan juga tidak luput dari pengelolahan Sumber Daya Manusia  (Human Capital) dalam menunjang keberlanjutan bisnis, saat ini KWSG telah melakukan assesment competency terhadap jajaran pimpinan, job description serta training need anlysis kepada pegawai.

 

 

 

 

Referensi :

http://www.semenindonesia.com/page/read/-kwsg-masuk-daftar-koperasi-terbesar-dunia-dalam-ajang-ica-globalpadanopembermendatang-2379 tanggal 22 Januari 2016

http://veneziaamanda.blogspot.com/2012/11/perkembangan-koperasi-di-indonesia.html tanggal 22 Januari 2016